Rabu, 30 Maret 2016

Interaksi Manusia dalam Organisasi

Interaksi manusia sangat penting dalam sebuah organisasi. Pengaruh berbagai pola kepemimpinan yang berbeda atas produktivitas tampaknya tergantung pada beberapa faktor. Akan tetapi, kepuasan pekerja biasanya lebih tinggi dengan manajemen yang suportif dan partisipasif. Teori manajemen pada mulanya agak bersifat mekanis dalam pandangan atas interaksi manusia dalam suatu organisasi. Tujuan para anggota sebuah organisasi dianggap konsisten dengan tujuan organisasi. Gerakan hubungan kemanusiaan yang dimulai dengan hasil penelitian “Hawthorne” yang dikenal antara tahun 1927 sampai dengan 1932 telah membentuk konsep tentang organisasi sebagai suatu sistem sosial. Motivasi ternyata didasari oleh lebih dari sekedar imbalan ekonomis.

Motivasi adalah alasan seseorang menjalankan kegiatan. Hal ini biasanya dijelaskan dalam istilah dorongan atau kebutuhan manusia. Kebutuhan seorang manusia tidak tetap. Kebutuhan ini berubah dari waktu kewaktu bersamaan dengan tingkat karirnya dan sementara itu kebutuhan tertentu mendapat lebih banyak kepuasan.

Table 1.5 Lima Kebutuhan Dasar
Tingkat
Kebutuhan
Keterangan
Tertinggi
Terendah
Perwujudan Diri

Pemenuhan diri untuk mencapai prestasi. Kreativitas, pengembangan diri, dan pernyataan diri.
Penghargaan
Menghargai diri dan dihargai oleh orang lain
Perhatian

Kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain, keikutsertaan dalam Kelompok, memberi dan menerima persahabatan, dan kasih.
Keamanan
Perlindungan terhadap bahaya, ancaman, dan kehilangan.
Fisilogis
Kebutuhan-kebutuhan fisik seperti pemenuhan lapar dan haus serta kebutuhan akan kegiatan.

Pada awalnya tujuan para anggota dalam ebuah organisasi dianggap konsisten dengan tujuan organisasi. Para karyawan dianggap menanggapi positif terhadap wewenang dan didorong oleh imbalan keuangan. Gerakan hubungan kemanusiaan dimulai dengan kajian Hawthorne yang terkenal tahun 1927 dan 1932 telah membentuk konsep tentang organisasi sebagai sebuah sistem sosial. Manusia tidak hanya didasarkan oleh imbalan ekonomis namun kelompok kerja dan rekan kerja juga penting. Motivasi adalan alasan seseorang utk menjalankan suatu kegiatan. Hal ini didorong karena adanya keinginan untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia tidak tetap. Kebutuhan ini berubah dari waktu ke waktu bersamaan dengan tingkat karirnya.
Sebuah klasifikasi yang bermanfaat tentang kebutuhan umum manusia adalah sebuah hirarki yang dikembangkan oleh Abraham Maslow. Hirarki Maslow berguna karena menunjukkan sebuah dimensi penting dalam kebutuhan manusia.

Sebuah klasifikasi yang lebih langsung berhubungan dengan situasi kerja telah dikembangkan oleh Frederick Herzberg mengenai dua faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar